5 model Bisnis Yang Bisa Kamu Mulai

5 model Bisnis Yang Bisa Kamu Mulai

Ada jumlah informasi yang hampir luar biasa berkenaan dengan bagaimana berhasil di dunia bisnis online. Sayangnya, Anda memiliki sumber daya yang terbatas dan harus mengelola bisnis Anda seefisien mungkin. Itulah sebabnya Anda harus memfokuskan strategi Anda pada model yang berhasil.

Setiap model bisnis akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, tetapi ingat untuk memilih model bisnis yang sesuai dengan gaya hidup dan kepribadian Anda. Butuh beberapa saat untuk melunasi, dan pilihan awal bisnis sangat penting. Berikut adalah 5 model bisnis online yang lebih baik untuk digunakan saat membuat bisnis baru Anda.


Model Bisnis # 1 – Blogging  

Blogging mungkin salah satu metode pemasaran online tertua. Itu juga salah satu yang terbaik dan telah teruji oleh suatu alasan. Model blogging sangat mudah.   Cukup temukan sesuatu yang Anda sukai dan buat blog tentang hal itu setiap hari. Setelah Anda memiliki jumlah lalu lintas yang besar, ada berbagai macam metode monetisasi. Anda dapat memasukkan tautan afiliasi ke halaman atau produk. Anda juga bisa mensponsori iklan di halaman blog Anda. Meskipun mungkin sulit untuk tetap blogging selama setahun atau lebih tanpa menunjukkannya, pada akhirnya, Anda memiliki situs yang menghasilkan uang tanpa benar-benar memasok produk itu sendiri. Blogging adalah metode yang lambat tapi pasti berhasil. Setelah Anda berhasil sampai ke sisi lain maka itu membutuhkan sedikit perawatan. Anda bahkan dapat melatih freelancer berkualitas tinggi untuk meniru pekerjaan saat Anda mendapatkan manfaat dari lalu lintas. Pada tahap ini, Anda juga dapat mensindikasikan konten di situs Anda dan menampilkan posting tamu.

Bahkan jika Anda tidak memiliki blog sebagai sumber pendapatan penuh waktu, tetap merupakan ide bagus untuk memiliki posting blog bisnis. Ini berguna untuk menghasilkan diskusi dan untuk beberapa tautan tambahan. Ingatlah bahwa Anda juga perlu mempromosikan blog Anda. Pendekatan “membangunnya dan mereka akan datang” tidak bekerja dengan blogging. Anda dapat menulis materi terbaik tetapi jika tidak dipromosikan, tidak ada yang akan mengetahuinya.

Setelah Anda memiliki traffic yang besar, ada berbagai macam metode monetisasi. Anda dapat memasukkan tautan afiliasi ke halaman atau produk. Anda juga bisa mensponsori iklan di halaman blog Anda. Meskipun mungkin sulit untuk tetap blogging selama setahun atau lebih tanpa menunjukkannya, pada akhirnya, Anda memiliki situs yang menghasilkan uang tanpa benar-benar memasok produk itu sendiri. Blogging adalah metode yang lambat tapi pasti berhasil. Setelah Anda berhasil sampai ke sisi lain maka itu membutuhkan sedikit perawatan. Anda bahkan dapat melatih freelancer berkualitas tinggi untuk meniru pekerjaan saat Anda mendapatkan manfaat dari traffic. Pada tahap ini, Anda juga dapat mensindikasikan konten di situs Anda dan menampilkan posting tamu.

Bahkan jika Anda tidak memiliki blog sebagai sumber pendapatan penuh waktu, tetap merupakan ide bagus untuk memiliki posting blog bisnis. Ini berguna untuk menghasilkan diskusi dan untuk beberapa tautan tambahan. Ingatlah bahwa Anda juga perlu mempromosikan blog Anda. Pendekatan “membangunnya dan mereka akan datang” tidak bekerja dengan blogging. Anda dapat menulis materi terbaik tetapi jika tidak dipromosikan, tidak ada yang akan mengetahuinya.

Model Bisnis # 2 – YouTube

Youtube adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens. Sebagian besar generasi sekarang lebih suka video dibandingkan dengan konten tertulis. Meskipun ini berlaku untuk populasi yang lebih luas, ini terutama berlaku untuk generasi millennial dan generasi Z (orang yang biasanya lahir antara 1995 – 2005). Dengan semakin banyaknya konsol video game dan jenis perangkat lainnya, YouTube dan platform video lainnya semakin meningkat. Mereka biasanya mudah diintegrasikan ke dalam perangkat tersebut.

Konten video juga menghasilkan peningkatan penjualan dibandingkan dengan konten tertulis, yang merupakan alasan bagus lainnya untuk menggunakan platform ini. Video jauh lebih efektif daripada posting blog dan jauh lebih mudah dicerna untuk audiens modern. Pertimbangkan bahwa waktu adalah komoditas yang paling berharga, dan video dapat menyampaikan pesan Anda jauh lebih cepat. Orang-orang bahkan tidak perlu repot dengan posting blog yang panjang.

YouTube dapat menjadi model bisnis eksklusif atau sesuatu yang Anda lakukan di samping untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika YouTube digunakan secara eksklusif, maka itu bisa mirip dengan blogging. Identifikasi diri Anda sebagai ahli masalah dengan merilis video dan Anda akan mendapatkan pelanggan dari waktu ke waktu. Anda dapat memonetisasi video Anda. Perbedaannya adalah bahwa saat blogging mungkin memakan waktu cukup lama, dengan YouTube Anda dapat membangun pengikut dengan sangat cepat. Selain itu, saluran YouTube paling sering berisi tautan ke halaman bisnis. Ini akan menghasilkan peningkatan kunjungan situs dan membantu dengan SEO.

YouTube sekarang menjadi rumah bagi pemasar influencer yang memiliki puluhan ribu pengikut. Mereka dibayar dengan baik oleh perusahaan untuk memasarkan kepada pengikut mereka dan sekarang industri itu sendiri. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang industri tertentu dan juga mahir dengan video, maka pemasaran YouTube bisa sangat menguntungkan saat ini. Gratis, cepat untuk mengunggah, memiliki audiens yang besar, dan orang-orang lebih menyukai video daripada jenis konten lainnya.

Karena ada lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif di YouTube, pemirsa sangat besar. Sementara lebih dari 90% bisnis sekarang memiliki halaman Facebook sendiri, kurang dari 10% memiliki saluran Youtube sendiri. Ini berarti bahwa perusahaan yang terlibat dalam pemasaran YouTube mungkin memiliki keunggulan kompetitif karena merupakan alat yang kurang dimanfaatkan.

Model Bisnis # 3 – Produk Fisik dan Amazon FBA

Sementara Amazon FBA sering dipasarkan secara tidak akurat sebagai skema cepat kaya, itu bisa sangat menguntungkan jika digunakan dengan benar. Amazon FBA (“Fullfilled By Amazon”) hanyalah penjualan produk menggunakan sistem pengiriman kelas dunia Amazon. Inilah cara kerjanya –

1. Kirimkan produk Anda ke Amazon.

2. Daftarkan produk Anda di Amazon.

3. Pelanggan melakukan pemesanan melalui Amazon.

4. Amazon menangani pengiriman, penyimpanan, dan bahkan dukungan pelanggan.

Amazon memang mengambil sebagian besar penghasilan Anda. Selain itu, bisa sulit untuk membangun merek Anda ketika terdaftar di Amazon. Namun, mereka menangani pengiriman, daftar produk, penyimpanan, dan dukungan pelanggan. Ini masih merupakan model bisnis yang sangat efektif yang dapat menghilangkan banyak stres dari keseluruhan proses.

Cara lain untuk menjual produk fisik adalah dengan menggunakan dropshipping. Di sinilah Anda memproses pesanan di situs web Anda tetapi distributor bertanggung jawab atas pengiriman produk. Keuntungan utama dari ini adalah Anda tidak perlu menyimpan inventaris apa pun, Anda hanya mempromosikan dan menjual produk, bertindak sebagai perantara.

Selain itu, distributor memberikan produk dengan merek dan logo Anda di atasnya, sehingga Anda dapat membangun reputasi. Kamu

hanya membayar untuk produk ketika pelanggan telah melakukan pemesanan di situs. Kesulitan dari model ini adalah margin keuntungan sangat rendah dan mengelola kontrol pelanggan bisa sangat sulit, karena Anda tidak memiliki kendali atas proses ini. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang tidak memiliki modal dan yang memiliki waktu lama untuk mengembangkan bisnis mereka.

Cara lain untuk menjual produk fisik secara online adalah dengan menggunakan perusahaan logistik pihak ketiga (3PL). Dalam hal ini, Anda biasanya akan mengirimkan produk Anda ke perusahaan 3PL yang menangani pengiriman dan (terkadang) dukungan pelanggan. Pelanggan memesan di situs web Anda. Margin keuntungan melalui metode ini jauh lebih tinggi daripada dengan pengiriman dropship. Kerugian utama adalah Anda harus membeli barang di muka.

Model Bisnis # 4 – Kursus Online

Jika Anda kebetulan menjadi ahli materi pelajaran di beberapa bidang, maka Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat kursus Anda sendiri dan menjualnya di situs pendidikan online seperti Udemy. Dimungkinkan untuk mendapatkan angka yang signifikan menggunakan metode ini, tetapi itu juga akan membutuhkan pemasaran dan promosi yang signifikan di pihak Anda. Biasanya, pembuat kursus akan memiliki otoritas sebelum mereka memulai kursus mereka, dan mereka kemudian dapat memasarkannya dari sumber yang sudah ada.

Jika Anda memiliki e-book yang sukses, maka Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengubahnya menjadi kursus online, tergantung pada seberapa dalam e-book tersebut terjadi. Kursus online adalah salah satu jenis model bisnis yang paling menguntungkan, dengan orang-orang membeli kursus segera setelah ditayangkan. Fakta bahwa biaya tingkat ketiga sekarang sangat mahal biaya berarti bahwa ada celah yang pasti di pasar untuk kursus semacam ini. Orang-orang mencari cara alternatif pendidikan dan kursus online jauh lebih murah.

Poin utama yang perlu diingat adalah bahwa kursus online membutuhkan lebih banyak pekerjaan daripada yang diyakini sebelumnya. Sebagai aturan praktis, dibutuhkan sekitar 5-10 jam kerja untuk setiap jam materi pelajaran, di mana semua fakta harus diperiksa dua kali. Setelah membuat kursus, Anda perlu melakukan pekerjaan mempromosikannya, yang bisa memakan waktu lebih lama daripada membuat kursus itu sendiri. Berikut ini adalah template dasar dari apa yang harus dilakukan dalam hal membuat kursus online yang bagus –

1. Pilih topik Anda. Pastikan itu adalah sesuatu yang Anda sukai untuk dibicarakan.

2. Pastikan bahwa ada kebutuhan untuk topik ini. Ingat, bahkan jika ada permintaan pasar yang kuat, Anda dapat membedakan antara kursus lain.

3. Tentukan di mana Anda akan menjual kursus Anda.

4. Jelas mendefinisikan hasil pembelajaran saja. Siswa ingin tahu apa yang akan diberikan kursus. Ini adalah langkah yang sangat penting.

5. Pilih dan kumpulkan konten. Jangan tunda, karena ini bisa memakan waktu lama. Lakukan saja.

6. Struktur konten sehingga mudah dicerna oleh siswa.

7. Hasilkan dan edit kursus online Anda. Video adalah metode pengiriman yang paling efektif.

Model Bisnis # 5 – Freelance

Telah ada peningkatan besar dalam ekonomi freelance, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menyewa freelancer atau menempatkan diri untuk disewa. Namun, jika Anda mempertimbangkan untuk bekerja sebagai freelancer, itu bukan jalan yang bagus menuju kebebasan. Ini biasanya terletak pada mempekerjakan freelancer untuk melakukan pekerjaan untuk Anda daripada melakukan pekerjaan itu sendiri. Perbedaan mentalitas antara karyawan dan pengusaha cukup signifikan. Paling-paling, Anda akan menjadi karyawan yang dibayar sangat baik, dan itu bisa memakan waktu lama untuk mendapatkan peringkat yang bagus di berbagai situs freelance.

Tetapi sangat mungkin untuk menyewa freelancer untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak Anda sukai. Agar berhasil, perlu untuk meningkatkan keterampilan lain sebanyak mungkin. Dan cara paling efisien untuk melakukan ini adalah melalui platform freelance. Ada freelancer dengan berbagai keterampilan untuk semua jenis anggaran. Anda dapat mempekerjakan mereka dengan kontrak jangka pendek sehingga Anda tidak perlu mengelola karyawan penuh waktu. Asisten virtual dapat sangat berharga dalam hal menyelesaikan tugas-tugas dasar untuk tingkat yang sangat kompetitif.

Situs freelance terbesar di dunia dikenal sebagai UpWork. Ada sejumlah freelancer yang mapan (dan baru) untuk dipekerjakan. Keuntungannya adalah Anda dapat memilih freelancer yang berspesialisasi dalam tugas yang perlu Anda selesaikan, apakah itu optimasi mesin pencari atau pengembangan aplikasi. Anda dapat menjalankan seluruh bisnis menggunakan freelancer, yang memiliki jumlah manfaat luar biasa. Misalnya ada tulisan perusahaan yang berfokus secara eksklusif pada penjualan dan pemasaran. Mereka mendapatkan pekerjaan dan memiliki kumpulan kerja freelancer yang hampir tak terbatas yang mereka sewa setiap minggu. Mereka terus-menerus merekrut di UpWork. Pemilik perusahaan-perusahaan ini tidak perlu khawatir tentang asuransi atau penggajian atau pelatihan pekerja lepas. Ini adalah model bisnis yang luar biasa yang direplikasi tidak hanya di industri konten tetapi juga di perangkat lunak, dukungan, dan sejumlah sektor lainnya. Semua hal dipertimbangkan, freelance hanya membuat dunia lebih efisien untuk semua orang.

Pada akhirnya, jika Anda ingin tetap terdepan, Anda perlu menyewa freelancer untuk menyelesaikan pekerjaan, bersama dengan memanfaatkan banyak alat otomatisasi yang telah masuk ke pasar. Keuntungan keduanya menjadi terlalu besar untuk diabaikan. Freelancer dan alat otomatisasi adalah asisten yang sangat berharga untuk kesuksesan online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Archives

    Categories